Tips Sederhana Merawat Laptop/Notebook

Sabtu, 08 Januari 2011
Dulu aku pernah menulis tentang tips/cara untuk menjaga agar baterai laptop bisa awet. Nah, berikut ini akan membahas tips bagaimana merawat laptop/notebook kita agar tetap awet dan powerfull.

Nah agar notebook awet dan kinerjanya baik setiap saat, lakukan perawatan secara berkala terhadapnya. Perawatannya bisa dipandang dari dua sisi, yaitu perawatan fisik dan perawatan piranti lunaknya.


Untuk perawatan fisik.

Agar casing notebook anda tetap cemerlang, gunakan cairan pembersih khusus alat elektronik untuk membersihkannya. Semprotkan cairan tersebut pada kain lap yang lembut dan gosok casingnya.

Keyboard notebok bisa dibersihkan dengan kuas. Berbeda dengan keyboard external pada PC. Keyboard notebook tidak dapat dibuka tersendiri. Jadi, jika bagian dalam keyboard kotor atau ketumpahan cairan, sebaiknya langsung dibawa saja ke bengkel resmi notebook tersebut.

Monitor notebook menggunakan LCD. Bagian belakang (casing) monitor LCD boleh dibersihkan dengan kain lap lembut, namun gunakan kain lap kering untuk mengelap bagian depan (layarnya). Gunakan kain lap yang lembap, namun gunakan kain lap kering untuk mengelap bagian
depan (layarnya). Gunakan kain lap yang lembut, seperti lap pembersih kacamata misalnya.

Saat mengelap, jangan terlalu menekan layar. Jika ada kotoran yang membandel dan anda terpaksa harus menggunakan cairan pembersih, semprotkan cairan permbersih ke kain lap untuk membersihkan kotoran. Jangan sekali-kali menyemprotkan ke layar LCD.

Spoiler for pembersih LCD/Screen Cleaning Set:
LCD Screen Cleaning Kit

The Concept:
Layar LCD atau LCD Screen merupakan piranti yang paling sering bersentuhan dengan tangan dan debu/kotoran lainnya. Untuk membersihkannya sering kali dibutuhkan peralatan khusus, mengingat bahwa LCD sangat sensitif terhadap goresan sekecil apapun.
Kini telah hadir 5 in 1 Cleaning Kit yang sangat membantu anda saat membersihkan layar LCD . Lima alat pembersih ini bekerja secara efektif tanpa menimbulkan goresan.

The Product:
Paket Kit ini terdiri dari Cairan Pembersih, Kain Pembersih Micro-Fiber (Cleaning Cloth), Kain Kulit Rusa, Dust Brush (kuas debu) dan Cotton Bud. Kelima alat ini berkerja secara sinergi dalam membersihkan Layar LCD maupun peralatan elektronik anda.

Cairan Pembersih :
Cairan Pembersih ini aman dan tidak merusak LCD. Mengangkat kotoran, debu tapak jari, dan kusam secara efektif. Membentuk lapisan film mencegah kotoran menempel kembali. Mengandung anti bakteri.

Dust Brush :
Terbuat dari nylon yang tidak menimbulkan goresan. Berguna untuk menghilangkan debu yang menempel sebelum dibersihkan dengan lap.

Cotton Bud :
Untuk sudut-sudut layar/tempat-tempat tersembunyi yang sulit dijangkau. Basahkan dengan air/cairan permbersih. Bisa dicuci jika kotor dan dipakai ulang.

Kain Kulit Rusa :
Kain khusus yang terbuat dari kulit rusa memiliki sifat penyerapan 8-10 kali lebih kuat dari handuk biasa. Benda yang dibersihkan dengan kain ini tidak lembab sehingga cocok ntuk membersihkan Layar LCD, Keping DVD/CD dan lensa kamera. Lembut dan halus sehingga aman dan tidak menimbulkan goresan.

Micro Fiber Cleaning Cloth :
Kain pembersih terbuat dari bahan khusus micro fiber. Efektif mengangkat debu, minyak, bekas tapak jari dan mempunyai daya serap tinggi. Bahan yang halus menjamin tidak menimbulkan goresan pada benda yang dilap. Bisa dicuci jika kotor dan digunakan kembali dalam jangka waktu yang lama.

The Function:
Kegunaan Kit ini khusus dibuat untuk memudahkan pembersihan layar LCD Screen dan berbagai peralatan elektronik lainnya secara efektif. Bisa digunakan untuk membersihkan Flat-Screen, laptop Monitor Screen, LCD TV, HP, PDA, iPod/iPhone, CRT Monitor, digital camera, kacamata, mikroskop, dll. Segala jenis kotoran, debu, minyak, bekas jari, kusam, dll bisa dihilangkan sehingga benda yang dibersihkan menjadi tampak seperti baru kembali.

Who need this product ?
Pengguna LCD PC/laptop, LCD TV, Mobile Phone/HP, PDA, iPod/iPhone, CRT Monitor, digital camera, kacamata, mikroskop, keyboard dll.

Perhatian :
  • Matikan komputer/peralatan elektronik sebelum dibersihkan, jangan membersihkan komputer dalam keadaan hidup.
  • Bersihkan debu dengan kuas sebelum dilap.
  • Cairan JANGAN disemprot langsung ke layar LCD.
  • Semprotkan cairan ke kain pembersih lalu usapkan dgn lembut ke layar LCD.
  • JANGAN menekan layar terlalu keras.
  • kerusakan komputer/elektronik karena salah pemakaian merupakan tanggung jawab pemakai.

Selain dibersihkan, notebook juga harus diperlakukan dengan baik dan cermat. Bagaimana caranya?
  1. Jauhkan notebook dari sinar matahari langsung. Sebaiknya jangan bekerja didekat jendela dimana sinar matahari bisa langsung menerobos masuk.

  2. Saat bekerja, jangan letakkan di atas sofa atau kasur. Hal tersebut bisa menghambat aliran udara dibawah notebook dan mengakibatkan notebook cepat panas, bahkan overheating.

  3. Jangan meletakkan benda berat diatas notebook.

  4. Jika anda bekerja dengan adaptor, apalagi untuk waktu yang lama, sedapat mungkin cabutlah baterai notebook.

  5. Lakukan proses charging baterai dalam keadaan notebook mati.

  6. Jika notebook hendak disimpan dalam waktu yang cukup lama , lepaskan baterai dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering.

  7. Jangan gunakan notebook sambil dipangku (terlalu lama), karena (panas) berpotensi menimbulkan cedera paha.

Merawat Piranti Lunak

Piranti Lunak yang diterima dalam notebook pun perlu dirawat. Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Jangan lupa shutdown untuk mematikan komputer.

  2. Lakukan pemeriksaan file system secara berkala dengan perangkat-perangkat yang disediakan oleh system operasi atau piranti buatan pihak ketiga. Contohnya pada system Windows atau fsck untuk system operasi linux.

  3. Pasang antivirus dan lakukan update virus definition-nya secara berkala untuk mencegah serangan virus baru.

Semoga Bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar