Tips Trik Hapus Virus di Ponsel Symbian

Senin, 10 Januari 2011
Kata "Virus" buat kawan-kawan pasti sudah tidak asing lagi .... Ya, Virus(IT) adalah suatu program / aplikasi yang berjalan secara hiden(tersembunyi) membuat Ponsel berjalan lambat,cacat atau rusak.Virus seperti ini versi dan jenisnya berbeda setiap pembuatannya.Bahkan ada virus(IT) yang dapat menggandakan dirinya disuatu tempat yang sangat rentan seperti data base Ponsel / Komputer dll. menyebabkan kerusakan berat.Hingga untuk memperbaikinya kita harus ke tempat service.Nahh, sekarang kita akan membahas cara menghilankan virus di ponsel tertentu yang sudah mendukung Symbian...
Berikut langkah untuk membersihkan virus dari ponsel :

1. Lakukan Back Up.
Back Up data sangat perlu untuk menyelamatkan data yang penting, seperti ; NomorKontak,DaftarNama,Foto,Video,SMS dll. (kalau kawan-kawan tidak mau bisa langsung melewati langkah yang pertama)


2. SIM Memory Card
Jika SMC (Sim Memory Card) kawan-kawan tidak terkena Virus , SMC bisa dilepas dari Ponsel. Dan sebaliknya ... jika terkena virus SMC tidak perlu dilepas biarkan berada pada slot SMC di Ponsel agar ikut saat memformat nantinya.


3. Formating Handphone.
1. Matikan Ponsel
2. Kalau bisa ganti SIMCard yang lain (untuk cari aman)
3. Battery harus terisi penuh
4. Lalu, tekan tombol digit secara bersamaan : "3, *, On/Off" (jika kesulitan bisa berdua dengan teman untuk menekan tombol secara bersamaan)
5. Tahan tombol tersebut sampai keluar tulisan "Formatting"
6. Kalau pesan tersebut sudah keluar,lepas tombol yang ditekan tadi dan biarkan proses berjalan sampai selesai
7. Jika Battery Ponsel kawan-kawan cepat drop / lowbat . Bisa mengisi saat melakukan Proses Format

Bila langkah 3 tidak berhasil pastikan kawan-kawan teliti saat melakukannya, atau Format dengan cara berbeda untuk ponsel tertentu silahkan ketik *#7370# setelah itu masukan nomor pin ponsel (PIN default 12345)


4. Finished Formatting
Setelah selesai proses format , periksa database Ponsel dengan menyambungkan kabel data Ponsel ke PC.

Dan scan database dengan AntiVirus yang terbaik sesuai selera.Lakukan juga pada SMC jika SMC tadi dilepas dari Ponsel ,agar saat dicolok ke Slot Ponsel data yang berada dalam SMC aman dari Virus.


NB = Proses Format kemungkinan menghilangkan semua data yang berada dalam ponsel seperti Perangkat Lunak yang terdapat pada database pada Ponsel. Dan kalau kawan-kawan ragu akan artikel ini bisa langsung ke tempat service dengan ongkos yang dapat melumpuhkan mental kawan-kawan.Hahahahha....

0 komentar:

Posting Komentar